Selasa, 08 September 2015

5 Animator Indonesia dengan Karya Mendunia

Animator Indonesia - FeatureIndonesia patut berbangga memiliki banyak anak bangsa yang berpotensi menciptakan berbagai karya yang mampu dikenal dan dinikmati oleh seluruh manusia di belahan dunia manapun. Berikut ini adalah lima animator Indonesia dibalik karya-karya fenomenal yang mendunia.

1
Rini Triyani Sugianto

Animator Indonesia - Rini


Pernah mendengar atau menyaksikan film The Adventure of Tintin? Jika ia maka kita patut berbangga karena salah satu tim yang terlibat dalam pembuatan film animasi tersebut adalah orang Indonesia. Selain Tintin, Rini juga ikut menggarap film fenomenal Avenger: Age of Ultron. Rini yang menjadi lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California, AS ini sempat bekerja di sebuah perusahaan WETA digital di Selandia Baru.
Kilas balik sedikit, ketika masih tinggal dan bekerja di Selandia Baru untuk perusahaan WETA Digital milik sutradara Peter Jackson, Rini juga ikut menggarap film Avengers yang pertama. Pengalaman tersebut telah membuatnya lebih familiar dengan karakter-karakter di film yang kedua ini, sehingga mempercepat proses animasinya.
​“Jadi kita enggak mulai dari awal lagi. Enggak perlu develop personality-nya lagi di Avengers 2 ini,” ujar Rini yang kini tengah ikut menggarap animasi untuk film Ted 2 di bawah Tippett Studio di San Francisco.
Dari yang awalnya sangat mencintai karakter fiksi seorang jurnalis berjambul Tintin, ia akhirnya juga turut serta dalam project pembuatan serial Tintin “The Adventure of Tintin: Secret of The Unicorn”. Keren kan?

2
Andre Surya

Animator Indonesia - Andre
Salah satu anak negeri yang turut menyumbang kebanggaan bagi Indonesia adalah Andre Surya. Seorang Digital Artist Indonesia pertama yang kini menjadi bagian dari tim digital perusahaan efek terbesar di dunia, yaitu Industrial Light and Magic (ILM) LucasFilm cabang Singapura. Setelah sukses selama 10 tahun di kancah global, kini Andre Surya tengah disibukkan dengan pembangunan dan pengembangan perusahaannya sendiri yaitu Studio EnspireStudio.
Bahkan jika Anda pernah menonton beberapa film animasi berikut, Star Trek, Terminator Salvation, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Iron Man 2, Dan Transformers: Ravenge of the Fallen, maka itulah salah satu bukti keterlibatan tangan dingin dari Andre Surya.

3
Marsha Chikita Fawzi

Animator Indonesia - Chiki
Jika Anda suka dengan serial kartun khas Malaysia “Upin Ipin”, maka jangan kaget ketika Anda tahu bahwa animatornya adalah orang Indonesia. Marsha Chikita Fawzi yang merupakan anak dari seniman Ikang Fawzi dan Marissa Haque yang memang menyukai dunia animasi pernah menjadi anak magang di perusahaan Las’ Copaque Production. Perusahaan tersebutlah yang menjadi rumah produksi dari serial animasi Upin Ipin. Karena kinerja dan bakat yang luar biasa, sejak awal 2010 Marsha diangkat sebagai pegawai disana.
Namun kini ia kembali ke Indonesia dan berniat untuk mendirikan perusahaan animasi khas Indonesia. Dengan harapan bahwa Indonesia akan memiliki Intelectual Property (IP) yang menggambarkan Indonesia.

4
Griselda Sastrawinata

Animator Indonesia - Griselda
Buat Anda yang suka dengan film Shrek, Kungfu Panda, Madagascar dan Monster Aliens Inc, maka Griselda ada dalam salah satu anggota tim yang menggarap film terkenal itu. Wanita berusia 32 tahun ini merupakan lulusan Art Center College of Design (ACCD) di Pasadena, California AS. Bergelar Bachelor Fine Art membawanya menjadi salah satu karyawan di studio animasi Dreamworks Studi. Bukan hanya menjadi seorang animator, ia juga mengajar Ilmu Komunikasi Visual di kampus almamaternya.

5
Ronny Gani

Animator Indonesia - Ronny
Menjadi salah satu animator kelas dunia adalah impiannya. Karena ketekunannya, ia mampu menjadi salah satu karyawan di sebuah perusahaan film animasi yang berbasis di Singapura, yaitu Industrial light & magic, anak perusahaan dari LucasFilm. Bahkan Transformers: Age of Extinction adalah salah satu proyek garapan pria yang belajar animasi secara otodidak ini.
Selain Transformer, pria ini  juga ikut menggarap Avenger: Age of Ultron. Beberapa adegan lain yang animasinya dikerjakan oleh Ronny adalah adegan di kapal Ulysses Klaue dan pada waktu Ultron bertemu dengan Maximoff twins. Selama penggarapan, Ronny dan teman-teman sesama animator berusaha menciptakan adegan pertarungan yang seru untuk ditonton. Terakhir, setelah Age of Ultron, pria ini juga masuk kedalam tim pembuatan film superhero Marvel, Ant Man.
Sebenarnya masih banyak lagi Animator Indonesia dengan karya luar biasa yang telah mendunia. Tapi bagaimana menurut anda? Cukup membanggakan bukan jika film animasi yang selama ini kita tonton dan kagumi melibatkan anak Indonesia yang sangat berprestasi. Apa ini masih dianggap overproud?

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Pages - Menu