Kamis, 05 Februari 2015

7 Seni Bela Diri Paling Efektif Untuk Pertarungan Jalanan

Sebenarnya tidak mudah untuk membuat daftar 7 jenis seni bela diri yang paling efektif di jalanan. Setelah ane tanya-tanya sama eyang Google, beliau memberikan banyak informasi mengenai berbagai jenis bela diri, sejarahnya, filosofinya, teknik-teknik yang digunakan dan tokoh-tokoh di masing-masing bela diri tersebut dengan cerita turun-temurun tentang kehebatan mereka yang luar biasa dan ada juga yang memiliki catatan rekor bertanding yang mengagumkan. 
Jujur pusing juga bikin artikel beginian. Tapi setelah melakukan perenungan beberapa lama guna mencari datangnya wangsit. Akhirnya ane buat juga daftar 7 jenis seni bela diri yang paling efektif untuk street fight atau pertarungan jalanan versi uniklopedia tentunya. Tadinya ane mau bikin daftarnya 3 aja atau 5 gitu biar ane ga repot nulisnya. Tapi memilih 3 atau 5 dari ratusan jenis bela diri dari seluruh dunia malah lebih sulit lagi, jadi ane putusin bikin 7 aja.
Yang ngga setuju ama daftar dibawah boleh-boleh aja kok. Setiap orang pastilah punya versi sendiri-sendiri dan ga mungkin bisa sama 100% antara satu orang sama orang lainnya. Tapi ane udah berusaha seobjektif mungkin, jadi gapapa ya ente iseng-iseng baca yang versi uniklopedia. Hehe..
1. Boxing / Tinju
http://www.martialartstraining.tv
Alasan ane memasukkan tinju sebagai bela diri yang paling efektif di jalanan karena teknik bertarungnya yang sangat simpel dan termasuk yang paling sederhana dibandingkan ilmu bela diri lainnya. Ente tidak perlu menghafal puluhan jurus dan melatih berbagai jurus tersebut setiap hari agar refleks ente terbentuk. Mengenai keefektifan tinju untuk pertarungan jalanan, Helio Gracie pernah menyebutnya sebagai bela diri paling efektif kedua setelah Brazilian Jiu Jitsu.
Tinju yang sekarang ini kita kenal memiliki sejarah panjang. Ia diyakini berasal dari Yunani, Romawi, dan Mesir pada ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Sejarah tinju pada masa lalu bisa dibilang kelam, karena pertandingannya menggunakan sarung tinju yang didalamnya terdapat besi atau benda keras lainnya. Tujuannya agar ketika memukul lawan maka dapat berakibat fatal hingga berujung kematian.
Dalam tinju tidak terdapat jurus yang macam-macam. Yang diperlukan adalah perbanyak latihan fisik setiap hari untuk membentuk stamina prima dan daya tahan tubuh agar tahan terhadap pukulan dan tendangan lawan. Perbanyak latihan pukulan agar ente dapat memaksimalkan kekuatan pukulan ente, tujuannya biar bisa merobohkan lawan sekali tonjok. Dan perbanyak latihan sparring untuk melatih mental dan pengalaman bertarung.
Ane memasukkan tinju sebagai olah raga yang paling efektif untuk street fight karena memang olah raga ini sangat cocok untuk pertarungan jalanan. Bicara masalah teknik, tinju sangat simpel dan menekankan kecepatan dan kekuatan pukulan di daerah vital lawan. Dengan kekuatan dan kecepatan pukulan serta endurance yang prima, sering kali cuma dibutuhkan satu atau dua pukulan yang berkecepatan tinggi dan kekuatan penuh untuk merobohkan lawan.
Dalam sejarah, bela diri tinju memiliki legenda tinju yang sangat tangguh. Ia bernama Theagenes asal Yunani. Konon ia telah bertanding sebanyak 1.406 kali selama hidupnya dan dikenal sebagai juara olimpiade di cabang tinju pada 450 SM.Tentunya ia juga telah membunuh banyak petarung karena sarung tinju yang dikenakan pada waktu itu. Theagenes benar-benar petarung jalanan dan turnamen yang sangat tangguh.
Cuman sayangnya ngga recomended untuk kaum perempuan.
2 Muay Thai
http://www.thai-boxing.org

Sulit untuk tidak memasukkan bela diri Muay Thai ke dalam daftar. Dimanapun ane baca artikel tentang daftar bela diri yang paling efektif untuk street fight pasti ada Muay Thai di dalamnya. Seni bela diri ini termasuk yang paling populer di dunia dan memiliki filosofi dan gaya bertarung yang cocok untuk pertarungan jalanan. Disamping teknik-teknik yang digunakan cukup sederhana, Muay Thai memang diciptakan untuk perkelahian jalanan dengan tangan kosong.
Muaythai atau Thai Boxing berkembang sekitar 1000 tahun yang lalu di Thailand dan kini ia telah menjelma menjadi olahraga nasional bangsa Thailand. Asal mula seni bela diri ini bernama "Krabbi Krabbong". Pada masa pemerintahan Raja Phra Cao Sua (1702), yang juga dikenal dengan “Tiger King”, dia mengajarkan Muaythai pada seluruh bala tentaranya.
Muay Thai dikenal juga sebagai seni 8 anggota badan karena menggunakan 2 pukulan, 2 tendangan, 2 lutut, 2 siku. Penggunaan lutut dan siku benar-benar dilatih, hingga membuat Muay Thai berbeda dengan beladiri lain seperti boxing, karate dan taekwondo. Muay Thai juga mengenal clinch fighting & bantingan. untuk menghindari pukulan lawan yang bertubi-tubi, petarung bisa memperpendek jarak dengan melakukan pelukan / clinch. Dalam jarak dekat, petarung bisa melakukan bantingan. Clinch tidak dijumpai di Karate atau Taekwondo. Tapi dijumpai di tinju modern.
Latihan fisik amat ditekankan dalam beladiri ini. Yang menarik dalam Muay Thai adalah seni bela diri ini akhir-akhir ini banyak menawarkan pelajaran bela diri sambil menjaga kebugaran dan pembentukan tubuh yang ideal. 
Dalam sejarahnya Muay thai juga memiliki legenda petarung yang sangat tangguh. Tahun 1774 telah dikenal petarung bernama Nai Khanom Tom, karena perangnya melawan Burma. Waktu itu ia tertangkap bersama dengan beberapa orang dari kota Siam (sekarang Thailand) yang bernama Ayyuthaya, lalu dipenjara di Burma. Nai Khanom Tom adalah petarung hebat pada masanya. Ia mewakili teman-temannya dalam sebuah kontes pertarungan yang diadakan Raja Mangra. Tanpa halangan ia pun berhasil mengalahkan sepuluh petarung terbaik Burma sekaligus dengan tangan kosong. Setelah itu Raja memberikan kebebasan sebagai hadiahnya, dan ia pun kembali ke Ayyuthaya sebagai seorang pahlawan.
Bela diri satu ini buat cewek bolehlah..
3 Brazilian Jiu Jitsu
http://www.bjj.org

Rasanya tidak akan ada yang protes kalau ane memasukkan BJJ ke dalam daftar ini. BJJ memiliki banyak petarung tangguh di zaman modern ini, konon praktisi Jiu Jitsu guru dari pendiri BJJ pria asal Jepang bernama Mitsuyo Maeda adalah petarung luar biasa yang telah memenangkan lebih dari 2000 pertarungan selama hidupnya dan dianggap sebagai manusia paling tangguh pada zamannya.
Sebenarnya agak sulit memasukkan antara Jiu Jitsu dengan Brazilian Jiu Jitsu pada daftar ini. Jiu Jitsu sendiri adalah bela diri tangan kosong yang benar-benar ditujukan untuk street fight oleh karenanya memperbolehkan memakai cara "apa aja boleh" bahkan taktik "curang" seperti colok mata, menggigit dan berbagai macam teknik ilegal yang tujuannya satu : melumpuhkan lawan secepat mungkin. Jiu Jitsu juga merupakan ibu dari bela diri lain asal Jepang macam Judo dan Aikido hingga Krav Maga. Tapi ane memilih BJJ dalam daftar ini karena seni bela diri ini dianggap sebagai penyempurnaan Jiu Jitsu sehingga lebih efektif dan efisien dan lebih aplikatif.
BJJ memang terbilang efektif dan efisien. Apalagi untuk pertarungan 1 vs 1. Teknik-teknik BJJ ciptaan Helio Gracie dan keluarganya telah teruji mampu digunakan untuk menaklukkan lawan dengan tubuh yang jauh lebih besar dan memiliki kemampuan bela diri. Hal ini yang membuat BJJ diminati oleh banyak kalangan, bahkan para petarung UFC dan MMA juga membekali skill bertarung mereka dengan teknik-teknik BJJ untuk pertandingan UFC.
Petarung dengan style BJJ yang tangguh cukup banyak. Yang terkenal adalah Helio Gracie, Royce Gracie, dan Rickson Gracie yang dijuluki sebagai "the Strongest man in the world" karena konon selama kariernya ia sama sekali tak pernah kalah. Ia tak terkalahkan dalam 400 pertarungan.
4 Jeet Kune Do
http://www.jeetkunedoindia.tripod.com

Dosa rasanya bila tidak memasukkan jenis bela diri ciptaan Bruce Lee ini ke dalam daftar ini. Ane masukkan ke dalam daftar karena Bruce Lee memang sengaja menciptakan JKD untuk tujuan pertarungan yang sesungguhnya, sebuah pertarungan jalanan. Sehingga dalam JKD, Bruce Lee menekankan efektifitas dan efisiensi pertarungan daripada sport ataupun seni.
JKD merupakan sinkretisme dari berbagai macam seni beladiri klasik yang diramu dalam filosofi pertarungan khas Bruce Lee, antara lain serangan non-telegrafik, non-klasik, pola serangan ala SDA, ABC, ABD, dan semacamnya. Selain itu JKD adalah MMA modern pertama yg ada setahu ane, karena praktisi JKD harus mampu bertarung secara Stand-Up, Clinch dan Ground.
Dalam Kantonis Jeet berarti ‘Menahan’, Kune berarti ‘Pukulan’, yang berarti Jeet Kune Do adalah cara untuk menahan serangan. Walaupun Bruce Lee adalah petarung dengan gaya Wing Chun dan belajar langsung dari sang legenda Ip Man, dalam pengalaman bertarungnya Bruce Lee berfikir bahwa pertarungan itu spontan dan tidak terikat bentuk, dan beladiri hanya bereaksi terhadapnya. Dari situlah ia meramu sebuah konsep bahwa bela diri yang bagus itu adalah bela diri yang bebas dan bergerak tanpa harus terikat dan terbatasi oleh teknik bela diri tertentu. Oleh karenanya para praktisi JKD sangat fleksibel dalam teknik.
Bruce Lee menyebut bela diri ciptaannya ini sebagai bela diri tidak berbentuk. Dasar dari beladiri ini adalah kecepatan, kekuatan dan ketepatan serangan tanpa terikat gaya. ‘style without style’, yaitu bela diri dengan gaya tanpa gaya yang menekankan konsep interupsi serangan, yaitu menyerang tepat pada saat musuh sedang menyerang. Karena itu beladiri Jeet Kune Do ini disebut ‘Bruce Lee’s Way of Intercepting Fist’ yaitu cara memotong serangan ala bruce lee.
Yang membuat bela diri ini recommended untuk street fight karena Jeet Kune Do juga menghalalkan teknik ilegal untuk melumpuhkan lawan. Hal ini karena menurut Bruce Lee sebuah pertarungan yang mempertaruhkan nyawa haruslah diselesaikan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Contoh petarung tangguh dengan style JKD siapa lagi kalau bukan Bruce Lee. Tidak perlu ane jabarin siapa dia, semua orang juga ga bakalan meragukan catatan rekor pertarungan Bruce Lee selama hidupnya. Ia juga sering dianggap sebagai petarung paling tangguh pada zamannya.
5. Systema
http://www.systemacalifornia.com

Sebuah bela diri yang ane rasa wajib dimasukkan ke dalam daftar. Systema, jenis bela diri asal Rusia dan seringkali disebut sebagai bela diri wajib yang dipakai oleh Spetsnaz (Unit pasukan khusus Rusia). Ini mengindikasikan akan keefektifannya dalam pertarungan jalanan bahkan pertarungan dengan tangan kosong di medan perang.
Systema didesain untuk dapat adaptif dan praktikal di jalanan. Teknik bertarung Systema meliputi : pertarungan tangan kosong, cara merenggut lawan, pertarungan pisau dan menembak. Pelatihan meliputi ketrampilan dan latihan berpasangan tanpa bentuk jurus tertentu. Latihan difokuskan pada pengendalian enam ruas tubuh (siku, leher, lutut, pinggang, sendi dan bahu) melalui penerapan titik tekanan, pemukulan dan terapan senjata. Dari uraiannya terdengar sangat militer. Namun saat ini sudah ada Systema yang disesuaikan untuk kepentingan warga sipil.
Alasan ane memasukkan Systema di daftar ini karena hingga saat ini Systema dianggap sebagai salah satu bela diri street fight paling efektif di dunia.
Pengaruh terbesar gaya bertarung Systema saat ini adalah Mikhail Ryabko, dan Vladimir Vasiliev.
6. Krav Maga
http://www.mistertopten.com

Yap, aneh rasanya kalau tidak memasukkan Krav Maga di daftar ini. Suka atau tidak bela diri Krav Maga selalu masuk di daftar bela diri street fight paling efektif dan efisien yang pernah ane baca. Karena dianggap sebagai bela diri terbaik untuk real fight, maka Krav Maga menjadi bela diri wajib bagi seluruh pasukan Israel Special Force.
Krav Maga adalah sistem pertarungan kontak jarak dekat yang dikembangkan di Israel. Teknik Krav Maga mencakup teknik menyerang, bergulat dan menarik lawan. Krav Maga terkenal dengan gerakan counter attack yang sangat brutal, ekstrim, dan sangat efisien. Krav Maga tercipta dari pengalaman pertarungan jalanan. Teknik pertarungan jalanan yang dikembangkan oleh Imi Lichtenfield, yang digunakannya dalam latihan gulat dan tinju dalam melindungi yahudi menghadapi pasukan fasis di Bratislava.
Prinsip dasar Krav Maga adalah tak ada aturan. Ia meliputi:
- Serangan balik secepat mungkin
- Menyerang target vital musuh seperti mata
- Membalikkan semua serangan dari musuh
- Menjaga kewaspadaan terhadap sekelilingnya
Jadilah sebuah bela diri mematikan yang efektif dan efisien dari Israel.
7. Pencak Silat
wikicommons

Rasanya ane ga bakalan keliru memasukkan seni bela diri asli Indonesia satu ini ke dalam daftar. Sejauh ini masih banyak stigma di masyarakat yang menganggap silat itu ngga efektif, selalu berhubungan dengan klenik, dan cuman seni gerakan jurus mirip tarian yang ga bakal berguna buat street fight, juga seni bela diri untuk orang kampung.
Nggak juga sebenarnya.
Aliran silat tradisional kebanyakan lahir pada ratusan tahun silam dan sengaja diciptakan untuk kepentingan perang melawan penjajah. Dari sana muncullah teknik bertarung yang kebanyakan gerakannya adalah gerakan ilegal yang bertujuan untuk melumpuhkan dan membunuh lawan dengan teknik dan kecepatan tinggi dalam waktu sesingkat mungkin. Seperti colok mata, serang kemaluan, dan memfokuskan serangan pada bagian vital manusia. Oleh karenanya bentuk silat murni tidak untuk dipertunjukkan, yang dibuat pertunjukan seringkali adalah seninya.
Ada lebih dari 600 aliran silat tradisional di Indonesia, tak semuanya tercatat resmi di IPSI. Pasti ente akan terkejut sebab ada beberapa aliran silat yang ada tehnik ground fightingnya, lalu ada beberapa silat yang menggunakan tehnik hantaman badan, atau ada yang seperti wing chun, bahkan ada yg seperti aikido.
Alasan ane tidak memasukkan Kung Fu juga karena banyak aliran silat yang terpengaruh oleh kung fu seperti silat Beksi, silat Mustika Kwitang, dll. Jadi silat ane kira sudah bisa mewakili disamping ane bikin daftarnya cuman sampe tujuh ga lebih.
Pencak Silat dalam sejarahnya banyak dipakai untuk keperluan survival bukan untuk kepentingan sport. Jadi dalam banyak aliran silat banyak ditemukan teknik-teknik ilegal yang sangat berbahaya. Hal ini karena pertarungan yang dihadapi seringkali adalah real fight dengan resiko hidup mati. 
Untuk tokoh silat yang tangguh ada banyak banget. Namun tidak banyak catatan sejarah yang menulisnya. Kebanyakan adalah cerita dari mulut ke mulut dari generasi ke generasi. Salah satunya adalah Sabeni, legenda silat pencipta jurus "Kelabang Nyebrang". Konon ia selalu menang bertarung melawan musuh, bahkan melawan beberapa pendekar kung fu dari Cina. Dan konon beliau mampu mengalahkan beberapa petarung karate asal Jepang dalam usianya yang sudah menginjak 83 tahun.  
Saat ini ada beberapa negara yang militernya juga mempelajari silat, dan silat sudah berkembang di berbagai manca negara. Bahkan di Amerika banyak yang tertarik dengan pencak silat Merpati Putih karena terlihat berbeda dibanding bela diri manapun yang mereka kenal.
Oke.. Demikian 7 seni bela diri yang paling efektif untuk pertarungan jalanan versi uniklopedia. Tapi bukan berarti yang lain tidak bermanfaat untuk pertarungan jalanan. Banyak yang bilang kalau musuh anda tidak menguasai bela diri, maka bela diri jenis apapun akan efektif untuk pertarungan jalanan. Dan semakin anda mengasah kemampuan bela diri anda maka anda pun bisa mengalahkan musuh dengan teknik bela diri di atas. Masalah pertarungan jalanan seringkali melibatkan mental, tidak ada gunanya jika ente jago bela diri namun pas berkelahi melawan orang di jalan, ente mentalnya drop.

2 komentar:

  1. Efektif atau tidaknya suatu jenis aliran seni bela diri bergantung dari praktisinya
    sehebat apapun beladiri tersebut jika praktisinya malas berlatih maka tentu hasilnya tidak memuaskan
    Bergabunglah dengan www.bakatsuper.com untuk lebih mengenal khasanah dunia seni beladiri

    BalasHapus
  2. Efektif atau tidaknya suatu jenis aliran seni bela diri bergantung dari praktisinya
    sehebat apapun beladiri tersebut jika praktisinya malas berlatih maka tentu hasilnya tidak memuaskan
    Bergabunglah dengan www.bakatsuper.com untuk lebih mengenal khasanah dunia seni beladiri

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Blog Archive

Pages - Menu