Rabu, 18 September 2013

tentang wota

sumber:http://www.kaskus.co.id/thread/50cad323e874b4e55f000001/apa-itu-quotwotaquot

Arti dari ''Wota''

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Apa arti Wota?
disini ane mau ngejelasin arti Wota dan teman temannya
dan ini bukan DOTA
langsung aje

Quote: Kalau membicarakan tentang J-pop culture , biasanya tidak akan jauh dari kata anime,manga,video game,drama,music dsb. Bagi kalian penggemar anime dan manga mungkin biasanya disebut sebagai anime lovers atau manga lovers,tapi tahukah kalian ada sebutan khusus bagi penggemar hal itu di jepang.Negeri asal anime dan manga berasal ,yaitu Otaku Mungkin beberapa kalian ada yang sudah dekat dengan kata Otaku tapimungkin juga masih ada yang asing dengan kata tersebut,tapi sebenarnya apa sih Otaku itu? Otaku (ヲタク) adalah (Tunggu bentar gan, itu bukannya tulisan katakananya Wotaku ? seharusnya beginikan (オタク)?)
Memang benar kalau dalam tulisan yang benar maka Otaku ditulis seperti ini (オタク) Tapi kenapa bisa menjadi Wotaku (ヲタク) ? tentunya pasti ada sejarahnya Otaku secara umum adalah sebutan bagi orang yang sangat mendalami hobi mereka. terutama dalam anime,manga dan video game Istilah otaku kemungkinan besar berasal dari percakapan antar penggemar anime yang selalu menyapa lawan bicara dengan sebutan Otaku (お宅 Anda) yang merupakan bentuk paling sopan untuk kata ganti orang kedua dalambahasa Jepang. Pada perkembangan selanjutnya, istilah otaku ditulis dengan aksara katakana otaku (オタク) atau wotaku (ヲタク) untuk membedakan istilah slang dengan kata ganti orang kedua dalam bahasa Jepang baku. Jadi itulah asal mula kenapa penulisan Otaku dari (オタク) menjadi (ヲタク).
Disini ane akan mencoba menjelaskan asal-usul dan arti kata wota.
Sebelumnya ane perlu bilang bahwa yang ane tulis di bawah ini adalah berdasarkan dari pengalaman dan informasi yang ane punya. Karena hal ini bersifat kultural jadi kadang agak susah untuk cari sumber atau bukti yang konkrit tentang ini. Kalau ada hal yang dirasa salah atau perlu ditambahkan, sampaikan dengan jelas dan informatif pada post ke 3 dan seterusnya.
Selain itu, thread ini memang bermaksud untuk membedakan antara wota dan fans, tapi TIDAK bermaksud untuk mendiskriminasi. Wota itu mestinya co-exist dengan fans dan yang bisa menentukan apakah seseorang itu wota atau tidak hanya diri sendiri. Jangan menindas orang lain dan menilai bahwa mereka hanya newbie. Semua fans JKT48, ataupun grup idol lain pada umumnya, mestinya akur dan membuka pintu lebar-lebar untuk pendukung baru. Ingat semua orang itu awalnya pasti Beginner/Newbie. Jadi tolong simak Threadnya baik-baik dan camkan bahwa Thread ini hanya bersifat informatif.


Quote:
Otaku
Sebelum membahas wota, mari kita lihat apa arti kata Otaku. Disini ane akan mengutip kata-kata Shokotan dari video berikut.

Otaku(オ タク)dulu itu konotasi-nya negatif, sering di gambarkan sebagai orang anti-sosial yang ga pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasi nya berubah dan Otaku ditulis sebagai wotaku(ヲタク)(dibaca “Ootaku”) untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu. Wotaku(ヲタク)juga bisa disebut wota(ヲタ)(dibaca “Oota).
Definisi Otaku adalah “orang yang punya dedikasi tinggi terhadap hobby-nya”.
Disitu juga di sebutkan bahwa otaku adalah subculture yang umumnya mengarah pada penggemar anime dan manga, tapi walaupun begitu ada juga berbagai jenis otaku yang lain, tergantung bidang apa yang mereka dalami. Contohnya adalah Manga wota, Seiyuu(voice actress) wota, Idol wota, Maid wota, Train wota, Figure wota, Anime wota, dll.
Dari sini muncul adaptasi/nama lain dari nama-nama wota tersebut. Contohnya: Anime wota -> Aniwota, Maid wota -> Maidsuki. Nah, untuk Idol wota, proses-nya sendiri ane kurang tau, tapi sekarang kata “wota” sendiri itu identik dengan Idol wota.


Quote:Wota
Lalu apa arti kata Wota?
Mereka adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans. dan seorang Wota tidak akan ragu mengorbankan dirinya (imej, uang, waktu, dsb) untuk hobi tersebut, sampai taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai freak/geek/nerd
Dibawah ini ada contoh-contoh aktifitas/karakteristik/barang yang akan ditemukan pada seorang wota. Ini hanya contoh yang saya berikan untuk menunjukan lebih jelas tentang antusiasme dan obsesi yang para wota punya, dan ini BUKAN sebagai acuan pasti untuk menentukan apakah seseorang itu wota:
1. Punya lagu-lagu Idol.
2. Punya poster Idol.
3. Melakukan teriakan-teriakan dan gerakan-gerakan khusus (chants & wotagei) ketika menonton performance
4. Memakai kaos bergambar Idol.
5. Pergi ke event-event tertentu untuk mendukung Idol-nya.

Malah, kalau mau contoh yang lebih ekstrim lagi, ada wota yang buat kue ulang tahun untuk ultah Idolnya dan merayakannya sendiri. Dekorasi nuansa Idol di mobil ataupun kamar juga bisa digunakan sebagai contoh. Koleksi barang-barang yang berbau Idol juga bukan hal yang jarang.

beberapa orang berkata bahwa pemakaian istilah wota tidak tepat digunakan di Indonesia, karena wota adalah panggilan untuk fans idol group di Jepang. Salah satu member JKT48 yaitu Ghaida Farisya, lewat akun twitternya @ghaidaJKT48 pernah membahas tentang hal ini. Berikut adalah screenshot dari beberapa pernyataan Ghaida.

wota adalah panggilan untuk fans idol group di Jepang, bukan hanya untuk 48 family saja, karena di Jepang banyak idol group selain 48 family. Khusus untuk JKT48, istilah wota tidak berlaku, karena walaupun JKT48 adalahsister group AKB48 yang berasal dari Jepang, JKT48 tetap idol group yang berasal dari Indonesia dan memakai budaya Indonesia
Para member JKT48 juga tidak setuju jika istilah wota diartikan sebagai "tingkatan fans yang lebih tinggi". Hal itu hanya akan menyulut perselisihan antar fans, antara fans yang merasa lebih tahu dan fans yang masih baru. Fans JKT48 semuanya sama, dan JKT48 sama sekali tidak mengharapkan perselisihan antar fans JKT48, karena sesuai motto 48 family "tumbuh dan berkembang bersama fans", JKT48 tidak akan berkembang jika fansnya terpecah belah
Kesimpulannya, fans JKT48 cukup disebut fans JKT48 saja, entah dia sudah lama menggeluti dunia JKT48 ataupun masih baru. Tidak ada istilah lain, termasuk wota. Karena semua fans JKT48 tujuannya sama, mendukung JKT48 agar menjadi lebih baik. Dan itulah yang diharapkan JKT48, para fans bersatu untuk mendukung JKT48 sampai kapanpun.
dan beberapa orang berpendapat bahwa Wota itu bukan tingkatan, tapi Wota hanyalah sebutan untuk "fans JKT48", karena jika menyebut "Fans JKT48" itu terlalu panjang.
Kita sebagai fans JKT48, harus terus mendukung grup idola pertama di Indonesia ini secara kompak. Jika ada fans yang masih merasa baru, jangan sungkan untuk bertanya kepada fans yang lebih tahu, dan sebaliknya, fans yang lebih tahu harus bersifat “welcome” kepada fans yang belum tahu banyak tentang JKT48.


Quote:Macam macam Wota
1.Manga wota (マンガヲタ) Bicara soal manga pastinya kalian tidak asing lagi,Otaku ini adalahotaku yang suka mengumpulkan berbagai macam manga ,tidak hanya mangayang diterbitkan penerbit resmi terkadang mereka juga mengumpulkan mangadoujinshi yang dijual di berbagai tempat terutama Akihabara dan acara khusus penjualan doujinshi seperti Comicket

2.Seiyuu wota (声優ヲタ) Mereka adalah Otaku yang menggemari para pengisi suara tokoh dalam animeatau yang lebih dikenal dengan Seiyuu.Otaku ini dapat mengenali suarapara Seiyuu dalam suatu anime hanya dengan sekilas mendengarnya.ParaOtaku ini juga gemar mengoleksi Character song para karakter anime yang diisi suarakan oleh seiyuu favorit mereka

3.Tetsudou wota(鉄オタ / 鉄ヲタ) Seperti namanya Tetsudou yang berarti jalan kereta api mereka adalahotaku yang menggemari kereta .Biasanya otaku ini dibagi menjadi 2 yaitu“Noritetsu” dan “Toritetsu” .”Noritetsu adalah “Tetsudou” yang gemar menaiki kereta sedang “Toritetsu” lebih suka untuk mengambil foto kereta

4.Idol wota Otaku ini mungkin agak sedikit berlawanan dengan otaku lainnya,terutamaanim wota.Dimana biasanya anim wota lebih menggemariorang-orang/karakter 2D sedangkan Idol wota lebih menyenagi orang orang 3d macam penyanyi,aktris dan aktor drama, maupun para model majalah

5.Figure wota (フィキュァ) Otaku ini sangat menggemari Mainan Figure,Figure wota dibagi menjadi duayaitu Figure wota yang membuat mainan figurenya sendiri/Garage figuredengan menggunakan Garage Kit dan yang satunya hanya mengkoleksi berbagai macam figure seperti Gachapon,Nendroid,Figma dsb

6.Cosplay wota Mendengar kata cosplay kalian pasti sudah tahu ,terutama bagi kalianyang suka mengikuti acara J-fest dimana sering diadakan lomba dengankatergori tersebut.Cosplay wota adalah Otaku yang menggemari menggunakankostum dan berperan sebagai salah satu tokoh dalam sebuah anime,manga,maupun game

7.Maid Suki Otaku ini adalah otaku yang sangat menggemari tokoh Maid.Biasanya merekasangat suka sekali mendatangi berbagai macam Maid café yang tersebar diAkkihabara.Untuk di Indonesia mungkin sulit ditemukan Otaku ini karena untuk di Indonesia sendiri keberadaan Miad Café belum ada

8. Ani wota Tentunya Otaku ini adalah otaku yang sangat menggemari anime ,Otaku iniberkebalikan dengan Idol wota dimana mereka sangat menggemari karakter2d.Beberapa Otaku ini bahkan rela tidak tidur tengah malam hanya untukmenonton dan merekam berbagai macam anime favorit mereka yang disiarkandi tv(di jepang sana Anime biasanya disiarkan pada tengah malam berbeda dengan di Indonesia). 
9. Game wota Otaku yang sangat menggemari berbagai macam video game.Tidak hanya gamegenerasi baru saja, terkadang mereka juga berani merogoh banyak uanguntuk mendapatkan video game langka yang mereka inginkan dan sudah tak diproduksi lagi  Pengertian teman teman Wota (istilah yang lainnya)

WOTAGEI
sorakan atau gerakan khas fans idol grup saat menonton pertunjukan idolanya. Untuk macam-macam jenis dan gerakannya bisa dicari dengan mesin pencari google.

MIX
salah satu unsur dari wotagei adalah Mix. Ini adalah bentuk sorakan khas yang dilakukan para fans idol grup pada bagian-bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. Mix bukan cuma milik fan AKB48 saja, tapi sudah lama mengakar di kalangan fans idol grup sejak mid 90’an. Untuk bahasan lebih detil tentang Mix bisa dicari ke sumber lain karena akan terlalu panjang bila dibahas disini.

OSHIMEN
oshimen (推しメン) terdiri dari dua kata, “oshi” dan “men”. Oshi berarti “push/support” dan Men adalah singkatan dari “menba” (member dalam arti bahasa Inggris). Kata ini mempunyai arti member yang paling Anda dukung. Dalam banyak kasus, seorang fans bisa mempunyai banyak member favorit, tapi pasti ada satu diantara member tersebut yg paling disukai atau tidak tergantikan, inilah yg disebut dengan istilah kami-oshi.

OSHIHEN
kondisi dimana Anda merubah oshimen. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi bekas oshimen Anda.

SENBATSU
dalam bahasa Indonesia berarti pilihan/seleksi. Sebagai grup yg mempunyai jumlah member banyak, maka terasa perlu untuk dibuatkan barisan representatif dari sekian banyak member yang ada. Mereka inilah yg disebut sebagai senbatsu. Biasanya mereka dipilih berdasarkan popularitas di kalangan fans. Keuntungan dari member senbatsu adalah hak mereka untuk tampil di PV utama, media (majalah, TV show, event, dsb), dan tentu saja popularitas.

SENBATSU SOUSENKYO
Senbatsu sousenkyo: sejak tahun 2009 AKB48 rutin menggelar senbatsu sousenkyo (pemilu senbatsu) sekali setahun yang bertujuan memberi kesempatan bagi para fans untuk menentukan sendiri member senbatsu mereka. Caranya adalah memberi vote untuk member favorit mereka, dengan mengumpulkan tiket vote yg mereka dapat di single tertentu (biasanya satu single sebelum single sousenkyo). Tentu saja pembelian multi kopi adalah sah, dan satu tiket vote dihitung satu suara.

JANKEN SENBATSU
ini adalah salah satu ide ‘nyeleneh’ yg diciptakan Aki-p untuk menentukan senbatsu AKB48. Caranya adalah dengan melakukan janken (suit jepang). Event khusus akan diadakan untuk hal ini, dimana disana akan diadakan sistem turnamen, satu persatu member yg kalah akan gugur hingga didapat pemenang utama yg nantinya akan mendapat posisi terdepan.

UNDERGIRLS
istilah ini dipakai untuk para member yang posisi popularitasnya dibawah senbatsu. Biasanya member yg termasuk disini adalah mereka yg punya popularity rank nomor 20 kebawah hingga sekitar angka 40. Urutan ini tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah senbatsu yg ditentukan untuk sebuah single.

KAMI7
Kami berarti dewa. Istilah ini diciptakan para fans karena ada beberapa member yg memang ranking popularitas mereka tidak pernah tergoyahkan sejak lama di AKB48. Ketujuh orang itu adalah Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna, dan Takahashi Minami. Namun dalam sousenkyo terakhir muncul sebuah nama baru yg tiba-tiba merusak tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak saat itu istilah Kami7 oleh beberapa kalangan mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8. Akankah Sashihara Rino atau Matsui Rena sebentar lagi mengubahnya menjadi Kami9? Biar waktu yg memberi jawabannya kepada kita

JIKOSHOUKAI
ini adalah self introduction dari masing-masing member. Tentunya memiliki sebuah line khusus untuk introduksi bukanlah sebuah keharusan, tapi jika seorang member mempunyai jikoshoukai ciri khas mereka masing-masing maka ini akan memberi nilai lebih dimata fans.

- Renai kinshi: Love is forbidden. Ini adalah salah satu golden rule dalam dunia idol Jepang, dan termasuk yang paling keras untuk ditaati. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status pria tersebut, bisa membuat karir seorang idol tamat seketika akibat kecaman para wota garis keras yg ingin idola mereka menjaga image pure dan innocent. Abide the rule, girls (or I might say, don’t get caught… LOL)!!

STAGE SONG
lagu yg terdapat di Stage masing-masing tim

UNIT SONG
lagu Stage yang dinyanyikan oleh formasi member tertentu (bukan seluruh tim), biasa terdiri dari 1 member popular didampingi oleh 2-4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4-5 lagu ditengah setlist Stage.

UNIT SHUFFLE
biasanya hanya dilakukan di konser-konser besar, dimana Unit song yg identik dgn susunan member tertentu diacak dan diganti formasinya dgn member lain untuk elemen kejutan.

KENKYUUSEI
research student, atau bahasa mudahnya tim cadangan. Peran mereka biasanya untuk menggantikan spot member tetap yang tidak bisa hadir pada hari pertunjukan teater. Tapi seiring dengan melonjaknya popularitas AKB48, sekarang para kenkyuusei juga bisa dibilang mempunyai barisan fans yang tidak sedikit. Biasanya ada semacam kecenderungan unik dari para wota senior untuk oshihen kepada mereka, mungkin karena mereka melihat member yg popular sudah tidak perlu lagi didukung, sudah bosan, atau karena melihat para kenkyuusei inilah yg justru paling aktif berada di teater, tempat dimana AKB48 memulai segalanya dari nol, ketimbang senior mereka yg sering berhalangan karena urusan luar.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Blog Archive

Pages - Menu