Rabu, 05 Februari 2014

Subhanallah, Alien memang ada

Ide pembuatan tulisan ini karena melihat acara Trans 7 'On The Spot' yang membahas fenomena alien di tahun 2011 ini. Terus terang ane tergelitik ketika alien dipersonifikasikan seperti yang ada film2, yaitu berkepala bulat lonjong dengan telinga lancip dan mata yang unik dan lebar (gambar 1). Ya, karena film ET dan film2 alien lainnya akhirnya jika disebut alien maka dalam benak orang akan langsung terbayang seperti tersebut di atas.


Dari link : http://10110188.blog.unikom.ac.id/alien-ufo-menurut.2g8 ane mendapatkan penjelasan asal muasal kata 'alien'. Si penulis diblog tersebut menduga kata alien berasal dari kata ALIENATION dlm bahasa Inggris yg berarti “ASING/PENGASINGAN”. Lalu mungkin kata ini diadopsi untuk menunjukan kata makhluk asing yaitu ALIEN. Lalu benarkah alien itu ada? Bagaimana pandangan islam terhadap personifikasi alien yang digambarkan seperti difilm2? Yuk kita coba cari tahu..

Dari seseorang di-internet (http://teknologi.vivanews.com/news/read/275313-11-fenomena-ufo-menghebohkan-di-tahun-2011), dia menulis komentar bahwa ada paling tidak dua ayat di alquran yang menjelaskan tentang alien, yaitu QS An-Nahl 16:49,

[16:49] Dan kepada Allah sajalah bersujud SEGALA APA YANG BERADA DI LANGIT dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.

Dan QS Asy-Syuura 42:29,

[42:29] Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan MAKHLUK-MAKHLUK YANG MELATA YANG DIA SEBARKAN PADA KEDUANYA. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

Pada ayat yang pertama (16:49), Allah menyebutkan segala apa yang ada di langit. Ane yakin bahwa langit disini bukan langit yang kita kenal, melainkan merujuk pada seluruh angkasa luar. Allah mengistilahkan angkasa luar dengan langit dan Allah juga memisahkan kalimat tersebut dengan para malaikat. Jika dilihat kalimat tersebut menyiratkan bahwa selain malaikat ada makhluk Allah lain yang tinggal di langit. Sedangkan pada ayat kedua (42:29) Allah secara lebih jelas menyebutkan bahwa terdapat makhluk2 Allah yang Allah sebarkan diantara langit (ane yakin ini maksudnya adalah angkasa luar) dan bumi.

Jadi, dari QS Asy-Syuura 42:29, ane sebagai muslimin harus menyadari bahwa ada makhluk Allah lain yang ada diluar bumi selain kita manusia, entah itu berwujud seperti kita ataupun tidak berwujud (ghoib) seperti malaikat dll. Jadi apakah itu alien? Ah, ane lebih senang menyebutnya sebagai makhluk Allah yang lain yang ada diangkasa luar sana. Lho kenapa gitu? Karena didalam Al-Quran tidak disebutkan bahwa makhluk Allah tersebut berwujud seperti ET, tidak ada referensi juga yang menyebutkan bahwa dia berwarna hijau dan naik piring terbang, tidak juga disebutkan bahwa mereka bisa mengunjungi manusia (apalagi menculik manusia) seperti yang ada difilm2. Jadi jika alien itu ditujukan sebagai makhluk Allah lain selain manusia yang ada di angkasa luar sana, ane setuju. Tapi klo disebutkan alien tersebut naik piring terbang, ah itu mah bisa2nya Hollywood aja.. Yang pasti mereka ada untuk memuji dan beribadah kepada Allah, so kita manusia jangan mau kalah dunk dengan alien2 itu :) (Wallahualam bisshawab)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Blog Archive

Pages - Menu